Sabtu, 26 April 2014

Cara Menghemat Battery Android Sony Xperia

Bagi pengguna smartphone baik itu yang berbasis android, ios, blackberry atau windows phone pasti sering kali mengalami kejadian battery smartphonenya cepat habis. Karena saya pengguna android jadi disini yang saya akan bahas adalah Cara Menghemat Battery Android. Sebenarnya banyak sekali aplikasi di Google Play Strore untuk Menghemat Battery Android, saya juga pernah memakai beberapa aplikasi. Hasilnya tidak bisa dikatakan sesuai keinginan tapi cukup lumayan Menghemat Battery Android dari pada tidak sama sekali.

Pengalaman saya menggunakan Android dengan kapasitas Battery Li-Ion 1500 mAh, Processor Dual-Core, dan OS Android Jelly Bean sangat mengecewakan. Pada saat saya pukul 22.00 saya mau tidur smartphone Android saya dalam kondisi full Battery, dan paginya waktu bangun Battery udah habis aja minta dicharge. Emang sih saya setting Android saya dalam mode "WCDMA only" tapi saya tidak mengira sampai secepat itu habisnya. Intinnya saya punya saran buat teman-teman terutama pengguna Android, kalau bisa pada saat membeli smartphone Android pilihlah yang mempunyai kapasitas Battery diatas 2000 mAh, agar daya tahan hidup smartphone lebih lama dan dapat Mengemat Battery Android teman-teman.

Setelah panjang lebar bicara soal pengalaman, langsung saja kita ke pokok masalah utama yang akan kita bahas yaitu Cara Menghemat Battery Android Sony Xperia. Cara ini saya gunakan pada Sony Xperia M dengan OS Android Jelly Bean 4.1.2 dan 4.3. Berikut caranya:

Langkah 1: Silahkan buka menu "Settings" silahkan scroll ke bawah, kemudian setelah ketemu "Power management" silahkan diklik.


Langkah 2: Setelah bagian "Power management" diklik maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, pada halaman tersebut ada beberapa pilihan mode pengaturan seperti STAMINA mode, Low battery mode dan Location-based Wi-Fi. Kalau saya bisanya hanya menggunakan yang STAMINA mode, karena saya masih membutuhkan koneksi internet untuk aplikasi messenger, seperti Whatsapp, BBM, Viber, dan Facebook Messenger.


Langkah 3: Setelah memilih salah satu atau beberapa mode pengaturan silhkan diklik, contohnya saya memilih STAMINA mode untuk Menghemat Battery Android, kemudian saya klik dan akan muncul halaman seperti dibawah ini. Pada bagian "Activation" saya pilih "Always on" maksudnya agar mode tersebut terus aktif. Kemudian pada "APPS ACTIVE IN STANDBY" saya menambahkan aplikasi seperti Whatsapp, BBM, Viber, dan Facebook Messenger, hal itu dimaksudkan agar pada saat screen smartphone Android "OFF/ Terkunci" aplikasi tersebut masih terhubung ke internet dan masih dapat menerima notifikasi apabila ada pesan baru masuk.
Prinsip kerja pengaturan ini adalah Menghemat Battery Android agar tidak menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan pada saat screen smartphone Android "OFF/ Terkunci".


Dari pada saya terlalu banyak ngomong disini, coba teman-teman pengguna Android terutama Sony Xperia untuk buktikan, pasti akan dapat Menghemat Battery Android Sony Xperia jauh lebih lama. Hal itu saya buktikan juga pada Sony Xperia M punya saya.

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tulis di kolom komentar apabila ada saran.

Tags : ,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : zimbah_castro pada 8:43 PM

0 komentar:

Posting Komentar