Sabtu, 28 Maret 2015

Cara Membulatkan Angka Keatas Dengan Fungsi Roundup Di Excel

Dalam sebuah kegiatan mengolah data sering kali kita menemui beberapa nilai atau angka yang acak-acakan dan cenderung kurang rapi, misalnya: 433,31297 kita mau merapikannya menjadi 434 atau 433,4 atau 433,32. Kenapa pembulatan yang saya lakukan cenderung pembulatan keatas? Karena itulah tema yang akan saya bahas sekarang, yaitu Cara Membulatkan Angka Keatas Dengan Fungsi Roundup Di Excel.

Cara ini saya dapatkan berdasarkan pengalaman saya sewaktu bekerja pada sebuah perusahaan, ada teman kerja dari bagian keuangan Tanya bagaimana Cara Membulatkan Angka Keatas Di Excel, saya sempat bingung dengan perkataanya, maklum saya bukan orang keuangan, tapi terus saya liat datanya dan ternyata maksudnya adalah membulatkan gaji para karyawan agar nilai yang didapatkan kelipatan 10,000. Contohnya: 3,251,232 menjadi 3,260,000.

Rumus:
                =ROUNDUP(number, num_digits)

Karena saya sendiri tidak tau, akhirnya saya coba mencari di internet, saya coba-coba beberapa cara sampai saya menemukan cara yang pas untuk digunakan, yaitu menggunakan fungsi “ROUNDUP” di Excel. Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk dipraktekan, berikut adalah ilustrasi dari penggunaan “ROUNDUP”:

Keterangan:
  • ROUNDUP, maksudnya membulatkan ke atas (untuk pembulatan ke bawah menggunakan ROUNDDOWN dan pembulatan biasa bisa menggunakan ROUND)
  • number, maksudnya adalah sheet/angka yang akan di bulatkan (C5)
  • num_digits, untuk mengatur jumlah digit dibelakang koma (-3, atau anda bisa mencoba angka lain untuk bereksperimen dan lihat hasilnya)
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Tags : ,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : zimbah_castro pada 9:24 AM

0 komentar:

Posting Komentar