Sabtu, 28 Maret 2015

Cara Cek Android Samsung Second/Bekas

Mulai beberapa tahun lalu perkembangan android sangatlah pesat, banyak produk android yang bermunculan dipasaran, baik itu yg kelas high end ataupun low end. Karena perkembanganya yang pesat, bisa dikatakan setiap tahun mungkin ada puluhan atau ratusan produk android rilis, dan setiap rilis biasanya muncul fitur baru yang membuat orang tertarik membelinya, ada yang niatnya cuma mau sekedar nyoba fiturnya, ada yang membeli kerena lagi tren, ada yang emang beli untuk dipakai jangka waktu lama, dan ada juga yang sekedar hobi gadget, jadi setiap ada android tipe baru bawaanya mau beli aja (termasuk saya). 

Saya yang sering ganti-ganti handphone, biasanya lebih memilih yang second/bekas. Kenapa yang bekas? karena harganya jauh lebih murah dari yang baru, tapi inget kita harus jeli saat membeli handphone second/bekas terutama android. Kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagai mana memilih handphone second/bekas produk Samsung. Berikut Cara Cek Android Samsung Second/Bekas berdasarkan pengalaman saya:

1. Lihat Kondisi Handphone
Maksudnya disini apakah kondisi handphone masih mulus atau tidak, dalam hal ini bisa dilihat apakah ada bekas benturan atau jatuh. Kalau hanya chrome/ bazel yang sedikit ngelupas asalkan bukan karena kebentur atau jatuh sih tidak masalah menurut saya.

2. Garansi
Lihat disini apakah handphone masih garansi atau sudah tidak garansi dengan melihat nota pembelian. Terkadang garansi disini sangat penting untuk sebagian orang, karena apabila terjadi sesuatu pada handphone maka bisa klaim ke produsen pembuatnya/pabrikan, dalam kasus ini Samsung Service Center. Mohon diperhatikan jangan langsung percaya juga dengan tanggal nota yang ada, terkadang ada pedagang yang curang dengan membuat nota palsu, maka harus dicek dengan teliti, mungkin dengan cek dulu ke Samsung Service Center.

3. Cek IMEI
Caranya dengan mengetik *#06# pada keypad, maka akan muncul nomor IMEI pada layar handphone. Untuk hanphone single sim akan muncul 1 nomor IMEI, sedangkan untuk yang dual sim akan muncul 2 nomor IMEI. Selanjutnya IMEI yang muncul pada layar kita cocokan pada box handphone (sama atau tidak).
4. Cek Standart Hanphone Samsung
Dengan cara mengetik *#0*#, setelah itu akan muncul menu untuk cek antara lain: getar, layar, touch screen, sensor, kamera, speaker dan sebagainya. Sampai pada tahap ini menurut saya kalau langkah 1 dan 2 ini sudah dijalankan dan hasilnya bagus, berarti handphone paling tidak masih layak untuk dibeli (belum cek udah root atau no root).
5. Cek Pada Menu Setting Handphone Samsung
Caranya dengan pilih menu Settings --> About device --> Status --> Device status, apabila masih tertulis “Official” kemungkinan ROM masih bawaan, belum root. Sederhananya apabila tertulis seperti itu handphone masih standar pabrikan.
6.Gunakan CPU Identifier
Untuk cek apakah handphone itu asli atau cuma super copy/king copy/tiruan/replica/kw dengan cara membandingkan spesifikasi handphone anda dengan spesifikasi handphone sejenis yang dari pabrikan, misalnya Spesifikasi Samsung Galaxy Prime kita, kita bandingkan spesikasi resmi handphone tersebut dari situs Samsung.
7. Root Checker
Untuk mengecek apakah handphone kita sudah root atau masih original pabrikan.
Saya sudah bagikan sedikit tips bagaimana Cara Cek Android Samsung Second/Bekas. Semoga itu dapat sedikit membantu teman-teman dalam membeli handphone Samsung second/bekas. Langkah diatas tidak menjamin handphone yang anda beli apsti bagus atau mulus, saya disini hanya membagi tips sederhana yang bisa anda lakukan sebelum membeli handphone Samsung second/bekas.

Dari beberapa langkah diatas, ada beberapa langkah yang juga bisa diterapkan di handphone pabrikan lain, seperti Sony, Lenovo, HTC, Asus, dan sebagainya.
Terimakasih.

Tags : ,

BACA JUGA

Ditulis Oleh : zimbah_castro pada 6:48 AM

6 komentar: